Bleach Design Contest, Menangkan Hadiah ke California!

Bleach, manga yang menceritakan tentang perjuangan Ichigo sebagai Dewa Kematian ini telah berlangsung selama tiga belas tahun. Bahkan, saat ini Manga yang diciptakan oleh Kubo Tite ini telah mencapai pada pengujung ceritanya. Akhir-akhir ini terdengar kabar baik dari manga satu  ini. Bukan masalah cerita manga yang menceritakan Soul Society ini.

Terlepas dari itu semua, Viz Media dan WeLoveFine mengadakan lomba membuat Desain Kaos—T-Shirt, dengan nama kontes “BLEACH Design Contest.

Pemenang grand prize akan mendapatkan:

  • pemilik lisensi resmi untuk merchandise resmi Kaos Bleach
  • jalan-jalan gratis 2 hari 3 malam (plus penginapan) ke Anime Expo 2014 di California pada tanggal 3-6 Juli mendatang. Bertemu dengan tim Viz Media (lisensi Bleach di Amerika) dan Tim WeLoveFine!!

Juri yang akan turun tangan dalam kontes ini tak tanggung-tanggung: Kubo Tite, sang mangaka sendiri langsung terlibat! Selain Kubo-sensei, Hattori Yujiro, sang editor Bleach juga tak ketinggalan sebagai salah satu juri utama. Laki-laki yang sangat mengagumi Kuchiki Byakuya ini mengatakan sangat tidak sabar untuk melihat desain ciptaan para peserta.

“Aku menantikan desain yang membuat semua kepala menoleh di Shibuya, Tokyo!”

Sebagai juri tamu, telah tersedia bangku untuk Hot Topic, salah satu retail aksesoris manga yang cukup terkenal, dan satu lagi crunchyroll.com, tempat streaming resmi untuk anime.

Berikut adalah peraturan-peraturan yang dikutip dari site WeLoveFine:

  • Dilarang menggunakan logo “BLEACH”. Saat membuat desain kalian, bayangkan saja desain kalian adalah bagian dari dunia Bleach.
  • Silakan gunakan logo atau ikon yang dapat ditemukan dalam serial Bleach. Namun, bagaimanapun juga dilarang menggunakan desain yang sangat sederhana dan terlalu umum, pastikan juga kalau desain itu belum digunakan di dalam website kami.
  • Jangan mengirim desain yang mirip. Satu orang memang diperbolehkan mengirim 5 desain, tapi terkadang ada yang mengirim desain yang terlalu mirip, hanya dengan perubahan kecil. Ini hanya akan membuat peluang menang menjadi lebih kecil.
  • SIlakan ciptakan sesuatu yang original dari kalian.
  • Dilarang menggunakan materi yang dilindungi hak cipta ataupun dimiliki oleh pihak ketiga. Lomba ini untuk mendapatkan lisensi resmi desain Bleach.
  • Dilarang menggunakan referensi lain dari serial yang dilisensi oleh Viz Media (misalnya mencampur Ichigo dengan Naruto). Dan tidak diperbolehkan menggunakan foto mangaka, seiyuu ataupun artis ke dalam desain.
  • Dilarang menggunakan artwork asli dari manga ataupun anime Bleach. Dilarang mengedit artwork resmi dari manga ataupun anime lain dan mengklaim sebagai ciptaan kalian.
  • Make stylized art!
  • Selengkapnya di sini.

Mengenai pengiriman desain, silakan melalui halaman ini 

Pengiriman terakhir tertanggal hingga 3 April 2014. Hingga tulisan ini dibuat, sudah ada 32 desain yang diterima oleh pihak WeLoveLine.

Tunggu apa lagi, ambil pena, tablet, mouse, atau zanpakutou kalian; tingkatkan reiatsu dalam diri, rilis bankai, dan ciptakan desain terbaik kalian!!

 

Sumber: WeLoveFine

Sakiyomi Jun Bang! Bleach Special

Sakiyomi Jun Bang! merupakan acara mingguan yang disiarkan oleh TV Tokyo. Acara ini berupa talk show yang membicarakan tentang  manga yang diterbitkan oleh Shueisha, ataupun game dan anime yang mengadopsi dari manga tersebut.

Pada tanggal 21 Juni 2013 kemaren, acara ini membahas tentang manga Bleach yang telah mencapai final arc. Namun, tidak seperti special Bleach sebelumnya, Kubo-sensei tak bisa hadir dalam acara ini karena sang mangaka masih sibuk mengerjakan cerita Bleach. Seperti yang Kubo-sensei beritahu di akun twitternya.

tite_kubo: 今日はテレ東さんでジャンバンのBLEACH特集の収録があったそうです。俺はネーム中で行けませんでした が、皆さん収録お疲れ様でした!
heigain2: いつ放送するんるですか?!
tite_kubo: 聞いたかも知れないけど忘れた。
monyolith: サキよみジャンBANG!のBLEACH特集は6/21放送予定ですよ^^
tite_kubo: だ、そうです!ありがとう!

tite_kubo: Kudengar hari ini Jun Bang TV Tokyo sedang melakukan rekaman untuk Special BLEACH. Aku tak bisa ikut karan harus melanjutkan cerita. Selamat bekerja yang ada di sana, semuanya!

Heigan2: Itu akan disiarkan kapan?

tite_kubo: Aku pernah mendengarnya, tapi sudah lupa.

monyolith: The Sakiyomi Janbang BLEACH special akan disiarkan 21 Juni ^^

tite_kubo: Benar sekali! Terima kasih!

 

Pada episode kali ini, walaupun Kubo-sensei tidak hadir, Morita-san, Seiyuu Ichigo masih bisa meluangkan waktunya untuk ikut andil dalam acara ini. Meskipun sudah lama tidak pernah mengisi suara Ichigo karena anime-nya yang dihentikan, Morita-san masih memperlihatkan kemampuannya sebagai seiyuu Ichigo.

Selain Morita-san, episode kali ini juga dimeriahkan oleh dua bintang tamu yang adalah penggemar berat Bleach. Episode kali ini hanya menceritakan setiap arc dalam serial Bleach dan juga scene favorit mereka di setiap arc-nya. Mereka juga menyebutkan semua adegan favorit sang mangaka, Kubo-sensei untuk setiap arc-nya. Ini dia:

 Shinigami Agent arc:

Volume 10, halaman 104. Scene disaat Ichigo mendapatkan kekuatan zangetsu.

“Aku sangat suka cara bicara Ichigo waktu itu”

 

Soul Society Arc:

Volume 19, halaman 20. Adegan terakhir pertarungan Yoruichi dan Soifon.

“Sangat jarang melihat hubungan antara guru-murid yang keduanya adalah perempuan “

Volume 20, halaman 30. Adegan dimana Aizen menusuk Hinamori.

“Aizen sangat mengerikan”

Volume 12, halaman 56. Adegan dimana Hitsugaya menghentikan pertarungan Hinamori dan Izuru

“Panel yang cuku kecil, tapi mereka bisa muncul bersama dengan sangat bagus.”

 

Arrancar Arc:

Volume 41, halaman 86. Kematian Ulquiorra.

“Tak ada alasan khusus, aku hanya suka bagian itu.”

Volume 27, halaman 81. Adegan dimana Orihime mengucapkan selamat tinggal pada Ichigo.

“Sebenarnya aku sangat buruk menggambar perempuan feminim, tapi kupikir aku berhasil menggambar Orihime dengan seksi di adegan ini.”

Volume 30, halaman 161. Adegan dimana Kaien berbicara tentang ‘letak hati’

“Aku berhasil membuat pembaca berpikir kembali dimana ‘letak hati’ “

 

Fullbringer Arc:

Volume 54, halaman 14. Ichigo vs Ginjou.

“Mereka tidak saling bicara, itulah yang membuat adegan ini bagus.”

Mereka juga sempat membicarakan tentang Aizen yang ada di Muken, Hitsugaya dan Byakuya yang kehilangan bankainya. Mayat yang ditemukan oleh Mayuri di Lab. Szayel, dan juga kemunculan Giriko beserta Fullbringers lainnya di Soul Society.

Di akhir acara, mereka memperlihatkan gambar Juha Bach yang telah dikirimkan oleh Kubo-sensei sebelumnya.

Yang ingin mendownload  file video-nya ,  bisa menggunakan link ini: [RAW] JUNBANG!「BLEACH」

Sumber : nosubtv

J-Stars Victory Vs

Beberapa bulan lalu, pihak Namco Bandai telah melayangkan sebuah pernyataan kalau mereka akan merilis sebuah game untuk memperingati ulang tahun Shonen Jump yang ke-45. Saat pertama kali pihak Namco mempublikasikan masalah game ini melalui Majalah Mingguan Shonen Jump, nama game ini adalah Project Versus J dan kemudian resmi berubah menjadi J-Stars Victory Vs.

Sebelumnya, character playable yang dikonfirmasi hanyalah empat karakter, yakni Naruto dari Serial Naruto, Luffy dari Serial One Piece, Son Goku dari serial Dragon Ball dan Toriko dari Serial Toriko. Namun, di Jump #28 Namco kembali mengkonfirmasikan kalau Ichigo dari Bleach dan Himura Kenshin dari serial Kenshin! juga akan menjadi character playable di game ini.

J-Stars Victory Vs sendiri adalah game bergenre Fighting yang bisa dimainkan oleh empat orang sekaligus. Namco Bandai juga mengkonfirmasi kalau permainan ini hanya diproduksi untuk Play Station 3 (PS3) dan Play Station Vita (PS Vita). Untuk tanggal rilis-nya sendiri masih dirahasiakan. Dan kabarnya, game ini hanya dirilis di Jepang saja.

Berikut adalah scan dan screenshot lainnya.

Source

Wawancara Kubo Tite di Leipzig Book Fair 2013

bleach-20080801045741772dfd

Dikabarkan sebelumnya kalau Kubo-sensei telah diundang dalam acara Leipzig Book Fair di Jerman pada tanggal 14 sampai 17 Maret 2013 lalu. Walaupun sempat sakit sebelum  hari keberangkatannya, dan bahkan mengalami mabuk udara diperjalanannya, namun pada akhirnya sang author Bleach ini bisa menghabiskan waktu beberapa hari di Jerman dengan baik.

Di hari ketiga, 16 Maret 2013, pada acara yang diselenggarakan di “Leipziger Buchmesse”, Leipzig, Saxon, Jerman (stand E600, “The Black Sofa”) ini, tepat pada pukul 12:45-13:45 waktu setempat, Kubo Tite mendapatkan kesempatan untuk menjawab beberapa pertanyaan.

Rangkaian pertanyaannya berasal dari pengguna forum Tokyopop yang berasal dari Jerman dan ditanyakan oleh pemimpin penerbit Dr. Joachim Kaps melalui penerjemah. Jawaban dari Kubo juga melalui penerjemah yang sama.

Berikut adalah hasil wawancara dengan Pria kelahiran Hiroshima  itu.

Joachim Kaps: “Apakah Anda pernah menduga BLEACH akan sepopuler ini?”

Tite Kubo: “Aku tidak pernah bertujuan membuat manga yang bisa jadi populer. Aku cuma ingin menggambar cerita yang ingin kugambar.”

Jo Kaps: “Apakah ada karakter yang sulit digambar?”

Kubo: “Ichigo sangat sulit digambar.”

Jo Kaps: “Sulitnya bagaimana?”

Kubo: “Semuanya sulit.” (*tertawa*)

Jo Kaps: “Kalau begitu, apakah menurut Anda, Anda telah membuat desain yang buruk [bagi Ichigo]?”

Kubo: “Yah…” (*kelihatan berpikir*) “Aku selalu bertanya-tanya, kenapa Ichigo begitu sering tampil.”

Jo Kaps: “Karena dia tokoh utamanya?”

Kubo: “Mungkin juga.” (*tertawa*)

Jo Kaps: “Ngomong-ngomong desain, pernahkah Anda mendesain karakter yang bukan dibuat untuk BLEACH? Mungkin karakter untuk game orang lain?”

Kubo: “Itu terlalu sulit bagiku, karena aku tak pandai menebak-nebak pikiran orang lain tentang karakternya. Lebih gampang kalau pola pikir orang itu mirip denganku.”

Jo Kaps: “Kalau menggambar, apakah Anda menggunakan alat lain selain copic?”

Kubo: “Yah, kadang aku mencampurnya dengan pensil warna, sedikit. Tapi aku tak pernah menggunakan komputer, berhubung aku tak begitu berpengalaman pakai komputer.”

Jo Kaps: “Banyak pembaca yang bertanya-tanya kenapa Anda sering menggambar latar belakang (background pada panel komik) yang minimalis atau bahkan tak ada sama sekali, dan justru lebih memusatkan perhatian pada karakternya.”

Kubo: “Latar belakang mengalihkan perhatian pembaca dari apa yang terjadi di dalam karakternya. Tiap kali aku tidak menggambar latar belakang, tujuannya adalah untuk membiarkan pembaca melihat apa yang ada di dalam hati sang karakter.”

Jo Kaps: “Selain manga, Anda juga senang mendengarkan musik. Tapi kalau Anda harus memilih…”

Kubo: “Aku tak akan pernah bisa mengorbankan manga.” (Penonton bersorak)

Jo Kaps: “Beberapa pembaca bilang Anda biasanya mendengarkan musik sambil menggambar. Benarkah?”

Kubo: “Benar.”

Jo Kaps: “Dan musiknya biasanya sesuai dengan adegannya? Semacam, musik yang tenang ketika karakternya sedang bergulat dalam pikirannya, atau musik rock ketika sedang ada pertarungan?” (Penonton tertawa)

Kubo: “Kadang. Musiknya lebih berguna menyemangati diriku ketimbang untuk kugunakan supaya sesuai dengan adegannya. Kadang aku mendengarkan musik-musik yang tenang ketika menggambar pertarungan, dan kadang aku mendengarkan musik yang keras.”

Jo Kaps: “Banyak mangaka (pembuat manga) punya asisten yang membantu mengerjakan tugas yang banyak. Apakah anda punya?”

Kubo: “Ya, ada empat orang.”

Jo Kaps: “Bagaimana pembagian kerjanya?”

Kubo: “Asistenku yang membuat [...] dan latar belakang.” (Catatan: Aku tak bisa memahami penerjemahnya. Dia bilang sesuatu tentang garis.)

Jo Kaps: “Apakah ada sesuatu yang Anda tak pernah perbolehkan untuk digambar asisten? Sesuatu yang Anda ingin gambar sendiri?”

Kubo: (*tersenyum*) “Ledakan dan efek-efek lain. Yang semacam itu mencerminkan emosi karakternya.”

Jo Kaps: “BLEACH dipenuhi berbagai bahasa yang berbeda. Quincy berbahasa Jerman, dan Arrancar berbahasa Spanyol. Fullbringer berbahasa Inggris. Kenapa?”

Kubo: “Soal Arrancar, aku merasa bahasa Spanyol terdengar sangat berhasrat dan sedikit erotis, sesuai dengan gaya hidup mereka yang liar. Lalu bahasa Jerman terdengar dingin, keras, dan kaku, sangat sesuai dengan metode Quincy yang blak-blakan. Aku juga ingin menggunakan bahasa Perancis nanti, karena terdengar sangat elegan. Tapi aku belum tahu bagaimana memasukannya dalam cerita.”

Jo Kaps: “Kurasa sekarang sudah saatnya menggambar, ya ‘kan?”

Kubo: “Baik. Apa yang kalian ingin kugambar?”

Rekan Kubo memilih empat orang dari penonton, setiap orang memilih satu karakter dari BLEACH. Hitsugaya setelah-timeskip dan Nel mode anak-anak (penonton lain kecewa, maunya melihat Nel yang dewasa) adalah dua pilihan pertama. Kubo menggambarnya begini: Nel yang menangis menempel pada bahu kiri Hitsugaya yang merasa sangat terganggu. Hitsugaya berdiri agak menyamping, menengok ke arah Nel.

Pasangan selanjutnya adalah Ulquiorra (yang membuat penonton lain bersorak ‘huuu’ pada perempuan yang memilihnya) dan Yoruichi (penonton bertepuk tangan dengan semangat). Kubo menggambar Yoruichi di pojok kanan bawah, melompat dari salah satu pilar merah raksasa Hueco Mundo yang sedang jatuh, dan melihat ke arah belakang bahu kanannya dengan wajah galak. Ulquiorra melompat mengejarnya, tangan kanannya mencoba menggapai punggung Yoruichi.

Jo Kaps: “Keren sekali. Sekarang mari kembali ke topik obrolan. Tiap kali karya lain bertema BLEACH yang bukan manga (film layar lebar, game, merchandise) dibuat, apakah Anda terlibat dalam pembuatannya atau Anda tidak punya waktu?”

Kubo: “Aku ingin terlibat. Sayangnya, aku tak punya waktu.”

Jo Kaps: “Sejauh yang kami tahu, Anda adalah gamer sejati. Apakah Anda pernah memainkan game BLEACH? Yang mana kesukaan Anda?”

Kubo: “Aku main semuanya, tapi aku tak bisa bilang yang mana kesukaanku. Semua game-nya punya nama yang kedengaran mirip, aku tak bisa membedakannya.” (Penonton tertawa)

Jo Kaps: “BLEACH punya beberapa Rock Musical, yang sangat keren. Kami tahu Anda pernah melihat salah satunya. Apa perasaan Anda?”

Kubo: “Rasanya aneh bagiku. Orang-orang yang ada di panggung adalah campuran dari aktor manusia dan karakter fiksi yang kubuat. Rasanya sangat aneh.”

Jo Kaps: “Kalau begitu mari kita bicarakan soal yang terjadi di BLEACH. Pembaca Anda di Jerman ingin tahu apakah Anda akan mengungkap sesuatu tentang Ururu.”

Kubo: “Ururu akan tetap jadi misteri. Tapi aku bisa saja beurbah pikiran, kalau mengungkapkan latar belakangnya akan membuat cerita jadi lebih menarik.”

Jo Kaps: “Bagaimana dengan Grimmjow? Apa dia akan kembali lagi?”

Kubo: “Nasibnya akan terungkap ketika waktunya tiba.” (Penonton mengeluh)

Jo Kaps: “Kenapa Kaien dan Ichigo terlihat sangat mirip?”

Kubo: “Sedang diceritakan penyebabnya di versi terbitan Jepang saat ini.”

Jo Kaps: “Yah, kalau begitu itu artinya kita akan segera tahu. Kenapa Aizen masih hidup?”

Kubo: “Dia masih dibutuhkan untuk cerita.”

Jo Kaps: “Setelah kematian Kaien, kenapa Ukitake tidak memilih wakil kapten baru untuk sekian lama?”

Kubo: “Sentaro maupun Kiyone tak mau mengambil jabatan itu, jadi mereka mengemban tugas wakil kapten bersama-sama sebagai dua orang pemangku kursi ketiga.”

Jo Kaps: “Apakah Ichimrau sudah tewas, atau dia, seperti Grimmjow, punya kesempatan untuk kembali?”

Kubo: “Dia sudah tewas.” (Penonton mengeluh sangat keras) “Kematiannya adalah keputusan terbaik.”

Jo Kaps: “Anda mengenalkan Ginjou Kuugo sebagai shinigami pengganti yang pertama. Kenapa dia yang pertama, bukan Ichigo?”

Kubo: “Cara menjadikan manusia sebagai shinigami pengganti sudah diketahui sejak sebelum Rukia menjadikan Ichigo sebagai shinigami pengganti. Bagaimana mungkin Rukia bisa tahu caranya, kalau dia adalah orang pertama yang menjadikan manusia sebagai shinigami pengganti?”

Jo Kaps: “Apakah ada cerita yang ingin Anda ceritakan, tapi tidak bisa?”

Kubo: “Setiap karakter punya banyak cerita yang tidak kuceritakan, sebagian besar terpaksa kubuang karena tidak cukup waktunya untuk diceritakan. Misalnya, ada cerita tentang apa yang Grimmjow lakukan sebelum Aizen menguasai Hueco Mundo. Aku sudah punya rancangan jelasnya, tapi tak pernah bisa kuceritakan.”

Jo Kaps: “Pembaca meminta lebih banyak artbook. Banyak gambar dan karakter baru, tapi tak ada artbook yang menampilkan mereka. Apakah Anda berniat menerbitkan artbook baru?”

Kubo: “Editorku sudah memintaku untuk membuatnya, dan mereka cukup sering memintanya. Aku ingin membuat artbook baru, tapi karena masalah waktu, aku belum sempat.”

Jo Kaps: “Terima kasih banyak, Kubo-sensei.”

Setelah wawancara itu, Kubo-sensei juga menngonfirmasikan kalau Äs Nödt adalah seorang laki-laki, dan julukannya, yang disingkat sebagai “F”, memang kepanjangan dari “The Fear”.

[Diterjemahkan oleh: Xaliber]

 

Saat ini, Kubo-sensei telah kembali ke Jepang dan mulai melanjutkan menggambar manganya kembali. Namun, tetap saja minggu ini Bleach akan libur dan baru akan kembali lagi minggu depan.

Sumber : 1|2|3|4|5

Kubo Tite Menikah!

KuboTite

Mangaka BLEACH, Kubo Tite, mengumumkan bahwa dirinya baru saja menikah. Kubo mengumumkannya pada catatan penulis yang ada pada acara JUMP Festa (acara yang digelar di antara mangaka yang karyanya diterbitkan di majalah Shounen Jump). Meski begitu, Kubo tidak menjelaskan lebih lanjut kapan dan di mana persisnya dia menikah.

Kubo hanya meninggalkan catatan pendek yang berisi satu kalimat:

Kubo Tite sendiri bernama asli Kubo Noriaki, lahir pada 26 Juni 1977 di Hiroshima. Kubo terinspirasi untuk menjadi mangaka pada umur 17 tahun, ketika dia terkesan oleh manga Saint Seiya, kemudian Kubo menerbitkan karya one-shot (sekali tamat) berjudul “Ultra Unholy Hearted Machine” pada tahun 1996. Karya berikutnya, Zombie Powder, diterbitkan pada tahun 1999 hingga tahun 2000, dan karyanya ketiga yang menjadi fenomenal, BLEACH, diterbitkan pada tahun 2001.

Dari tiga momen berkesan itu,  pernikahannya pada tahun ini mungkin akan menambah rangkaian saat-saat berkesan bagi Kubo Tite. Saat dia menikah tahun ini, Kubo berumur 35 tahun.

Selamat menempuh hidup baru, Kubo-san! Bersama ucapan selamat dari berbagai penggemar di Twitter, salam juga dari penggemar di Indonesia. :D

 

Sumber berita dan gambar:
Anime News Network

Bleach Official Book

Bleach Books

BLEACH merupakan salah satu manga populer dalam majalah mingguan Shonen Jump. Sejak kemunculannya dari Agustus 2001 lalu, manga karya Tite Kubo ini telah mencapai chapter 520 sampai minggu ini dan volume 57 untuk versi Tankoubon-nya.

Walaupun Anime yang mengadopsi manga tentang shinigami ini berakhir sampai episode 366, manganya masih tereus rilis tiap minggu dan bahkan telah mencapai Final Arc untuk saat ini.  Sampai saat ini, tercatat enam databook yang dirilis oleh Shuisha untuk versi Jepang dan VIZ Media untuk versi Englishnya. Namun, disamping itu, masih terdapat beberapa buku lainnya yang juga telah diterbitkan, termasuk Novel dan Artbook lainnya.

Berikut adalah buku-buku yang pernah terbit sejalan dengan kemunculan manga ini.

All Colour But The Black Cover

All Colour But The Black, merupakan Artbook pertama yang pernah ada. Buku yang dirilis tanggal 4 Desember 2006 ini berisi tentang kumpulan halaman berwarna sampai volume 19. Disamping itu juga ada gambar lain yang pernah digambar oleh sang author, Tite Kubo. [Klik  disini untuk Download|RAW]

 

Bleach: Official Bootleg KaraBuri+

Bleach: Official Bootleg KaraBuri+, adalah Artbook kedua yang rilis setelah All Colour But The Black. Buku Artbook kedua ini rilis pada 3 Agustus 2007. Dan berisi tentang informasi Soul Society dan para shinigami. [Klik  disini untuk Download|RAW]


Bleach: Official Character Book SOULs Cover

Bleach: Official Character Book SOULs, Databook pertama yang rilis pada 3 Februari 2006. Berisi tentang ringkasan cerita mulai dari awal munculnya Bleach sampai berakhirnya Soul Society Arc, tentang sedikit informasi Soul Society secara mendetail tentang Soul Society, data para shinigami dan sedikit bocoran tentang mereka. Buku ini juga berisi tentang wawancara dengan sang penulis, Titie Kubo. [Klik  disini untuk Download|English]

 

Bleach: Official Animation Book VIBEs Cover

Bleach: Official Animation Book VIBEs, tak seperti databook yang pertama, buku ini mengadopsi cerita Bleach di anime mulai dari episode pertama sampai 63. Berisi screenshot, character design dan cerita tentang tugas pertama Rukia. [Klik  disini untuk Download|RAW]

 

Bleach: Official Character Book 2 MASKED Cover

Bleach: Official Character Book 2 MASKED, Buku yang rilis pada 4 Agustus 2010 ini berisi tentang detail arrancar Arc, mini profil dan juga tentang info dimasa Turn Back the Pendulum. [Klik disini, disini dan disini untuk Download|English]

 

Bleach: Official Invitation Book The Hell Verse Cover

Bleach: Official Invitation Book The Hell Verse, Buku yang berisi tentang info movie Bleach, Hell Chapter. Buku yang terbit pada 4 Desember 2010 ini berisi tentang sketsa karakter, info tentang neraka, dan one-shot tentang prolog movie Hell Chapter. [Klik  disini untuk Download|RAW]

 

Bleach: Official Character Book 3 UNMASKED Cover

Bleach: Official Character Book 3 UNMASKED, berisi tentang informasi Arrancar Arc dan profil lengkap tentang Arrancar Arc. Buku yang rilis pada 3 Juni 2011 ini juga memuat tentang mini novel, Nestle to the Night, yang menceritakan tentang Harribel dan fraccionnya paska perang serta one-shot tentang masa lalu Ulquiorra. [Klik  disini untuk Download|RAW]

 

THE REBOOTED SOULS Cover

THE REBOOTED SOULS, Booklet spesial yang merupakan bonus dari Tankoubon 55, THE BLOOD WARFARE. Booklet yang terdiri dari 192 ini berisi tentang kilas balik para karakter Bleach hingga kemunculannya di Final Arc, serta memuat sedikit konfirmasi tentang kematian para karakter Bleach. [Klik  disini untuk Download|RAW]

 

Bleach: Letters From The Other Side Cover

Bleach: Letters From The Other Side, Tak seperti buku yang lain, buku yang satu ini merupakan Novel karangan Mastubara Makoto dan Tite Kubo. Novel ini menceritakan awal cerita sebelum Bleach dimulai, tentang tugas Rukia hingga dia berada di Dunia manusia dan bertemu dengan Ichigo. Buku ini rilis pada 15 Desember 2004 dan diperbarui pada tanggal 4 November 2009. [Klik  disini untuk Download]

 

Bleach: The Honey Dish Rhapsody Cover

Bleach: The Honey Dish Rhapsody, Novel kedua yang terbit pada 30 Oktober 2006. Penulisnya masih sama, Mastubara Makoto dan Tite Kubo, Pada kali ini cerita mengambil setelah Soul Society Arc, setelah pengkhianatan Aizen dan kepergiannya ke Hueaco Mundo. Sebagian besar hanya berputar pada cerita rukia saat merawat Byakuya. Dan berakhir pada kembalinya Ichigo ke Dunia manusia. [Klik  disini untuk Download]

 

Bleach: Spirits Are Forever With You Covers

Bleach: Spirits Are Forever With You, Novel ketiga setelah yang lain. Kali ini, penulis novel ini adalah Ryohgo Narita, penulis Light Novel Durara. Tak seperti kedua Novel yang lain, Novel yang terbit pada 4 Juni 2012 ini terdiri dari dua Volume, Volume I yang terdiri dari 288 halaman dan Volume II yang terdiri dari 496 halaman. Novel ketiga ini mengambil cerita tetang kembalinya sang pengkhianat yang pernah dipenjara di Muken, Kenpachi Azashirou, yang juga merupakan Kenpachi gerenasi ke delapan. Seting padang Novel ini mengambil setelah Ichigo kehilangan kekuatannya hingga 17 bulan setelah itu (antara Arrancar Arc sampai Fullbring Arc). [Klik  disini untuk Download]

 

Bleach: The Death Save The Strawberry Cover

Bleach: The Death Save The Strawberry, Novel terakhir yang menceritakan tentang usaha Rukia yang ingin mengembalikan kekuatan ichigo. Novel yang mengambil seting yang sama dengan novel sebelumnya ini terbit pada tanggal  4 September 2012. [Klik  disini untuk Download] [Klik disini untuk membaca]

 

Paint Jump Art of Bleach

Paint Jump Art of Bleach, Buku yang memuat tentang bagaimana Teknik menggambar Tite Kubo. Di dalamnya memuat tentang cara Tite Kubo menggambar dan beberapa hasil karya Tite Kubo. [Klik  disini untuk Download]