Shinigami Guide

Shinigami (dewa kematian) adalah roh yang menjadi pusat perhatian utama dalam serial Bleach.

Layaknya roh, shinigami tidak dapat dilihat oleh manusia biasa. Bahkan Abarai Renji, shinigamimanusia yang dapat melihat roh belum tentu dapat melihat shinigami dan hollow; mereka hanya dapat dilihat oleh manusia yang mempunyai kekuatan spiritual yang besar. Tubuh shinigami tersusun oleh reishi (atom roh, kadang disebut spiritron) dan mereka memiliki zanpakutou sebagai senjata. Shinigami mengemban tugas untuk mengantar roh plus ke akhirat (Soul Society, bila banyak berbuat baik; Jigoku, bila banyak berbuat jahat) dan menyucikan hollow demi menjaga keseimbangan roh di dunia manusia dan Soul Society.

Tidak seperti roh plus biasa atau warga Rukongai, shinigami bisa merasakan lapar layaknya manusia. Hal ini dapat terjadi karena mereka memiliki kekuatan spiritual yang besar dan dapat kelelahan bila menggunakan terlalu banyak kekuatannya, sedangkan roh biasa tidak. Bila shinigami mati, maka tubuhnya akan terurai menjadi reishi yang membentuk Soul Society, sementara jiwanya akan tereinkarnasi ke dunia manusia.

Pelatihan

Shinou Reijutsuin Untuk menjadi seorang shinigami, seorang roh harus mengenyam pelatihan selama 6 tahun di Shinou Reijutsuin (Akademi Shinigami). Akademi Shinigami didirikan oleh Yamamoto Genryuusai Shigekuni 2000 tahun sebelum cerita Bleach dimulai. Tercatat hanya Ichimaru Gin dan Shiba Kaien yang berhasil lulus dari akademi dalam waktu kurang dari 6 tahun.

Seragam akademi Seorang calon murid akan diterima menjadi murid akademi bila memiliki kekuatan spiritual yang cukup. Semakin besar kekuatannya, maka semakin besar pula kemungkinannya diterima; apalagi bila sudah dapat memanfaatkan kemampuannya dengan baik. Pun begitu, ada beberapa kasus di mana keluarga bangsawan dapat memasukkan anggota keluarganya ke dalam akademi tanpa syarat, misalnya seperti pada kasus Kuchiki Rukia.

Di akademi, para murid akan diajari dan dilatih untuk menggunakan kekuatan spiritual mereka dengan benar, bertarung melawan hollow, dan melakukan penyucian roh. Murid-murid juga diajari untuk menggunakan empat kemampuan dasar shinigami: zanjutsu (kemampuan berpedang), hakuda (kemampuan tangan kosong), hohou (kemampuan bergerak), dan kidou (kemampuan menggunakan jurus iblis).

Struktur Organisasi

Shinigami yang telah lulus dari Akademi Shinigami kemudian akan dimasukan ke dalam salah satu divisi/kelompok dalam korps militer Soul Society, yaitu Gotei 13 (13 Pasukan Pelindung). Pun begitu, beberapa shinigami yang memiliki keahlian tertentu dapat direkrut ke dalam Onmitsu Kidou (pasukan rahasia, berkeahlian di hakuda dan hohou) atau Kidoushuu (pasukan kidou, berkeahlian di kidou). Di antara sekian shinigami yang terdaftar di Gotei 13, kadang ada taichou (kapten) yang direkrut untuk bekerja sebagai anggota Royal Guard (Pengawal Kerjaan) atau dikenal juga dengan sebutan Divisi 0, seperti pada kasus Hikifune Kirio.

Perlengkapan

Dalam menjalankan tugasnya, shinigami dilengkapi oleh berbagai perlengkapan yang dapat membantu mereka melaksanakan kewajibannya.

  1. Lambang tengkorak
    Tidak memiliki nama resmi. Lambang ini berguna untuk memaksa suatu roh keluar dari tubuh fisiknya. Kuchiki Rukia memiliki lambang ini pada sarung tangan merahnya dan Kisuke Urahara juga memiliki ukiran lambang ini pada bagian bawah tongkatnya.
  2. Jigoku-chou
    Kupu-kupu Neraka. Meskipun memiliki nama ‘neraka’, makhluk ini adalah makhluk yang hidup di Soul Society dan membantu shinigami. Berwarna hitam pekat, kupu-kupu ini berguna sebagai pembuka Senkaimon (gerbang penetrasi dunia) bagi shinigami. Dengan keberadaannya, seorang shinigami dapat melintasi Senkaimon dan menjelajah dua dunia tanpa perlu melewati Dangai. Jigoku-chou juga berfungsi sebagai pembawa pesan bagi shinigami. Seperti halnya shinigami, karena tersusun oleh reishi (atom roh), maka jigoku-chou tak bisa dilihat oleh manusia biasa.
  3. Gigai
    Badan fisik buatan yang digunakan oleh shinigami untuk tinggal sementara di dunia manusia. Karena merupakan tubuh fisik, maka gigai dapat dilihat oleh manusia biasa. Gigai juga memiliki penanda tertentu yang dapat membuatnya dideteksi keberadaannya oleh Soul Society — sehingga tidak mungkin bagi shinigami untuk bersembunyi di dunia manusia dengan gigai biasa. Hanya gigai khusus buatan Urahara Kisuke yang tidak mampu dideteksi oleh Soul Society.
  4. GikonganChappy, gikongan yang populer di antara perempuan
    Roh buatan. Kadang dipanggil dengan nama Soul Candy karena bentuknya yang seperti permen bulat. Dibuat oleh ilmuwan shinigami untuk mengeluarkan shinigami dari gigai mereka, atau mengeluarkan roh plus yang masih melekat pada tubuhnya yang sudah mati. Bila ditelan oleh tubuh, roh yang mendiami tubuh itu akan dipaksa keluar dan tubuh yang bersangkutan akan berada di bawah kendali gikongan itu.

    1. Kaizou Konpaku
      Roh buatan yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa (modsoul), sehingga menambah kekuatan fisik tubuh (daya tahan atau kecepatan, misalnya) yang dimasukinya. Dibuat pada Proyek Spearhead karena banyaknya hollow yang ada dibanding shinigami, modsoul awalnya digunakan pada mayat manusia agar bisa bertarung melawan hollow. Tapi proyek ini dihentikan karena dianggap tidak etis, dan seluruh modsoul yang sudah dibuat dimusnahkan oleh Soul Society. Kon adalah salah satu modsoul yang tersisa.
  5. Kikanshinki
    Pada kasus tertentu, penyucian hollow oleh shinigami disaksikan oleh manusia biasa atau mengakibatkan kerusakan besar pada lingkungan sekitarnya. Untuk menjaga kerahasiaan proses ini, maka digunakanlah alat bernama Kikanshinki yang digunakan untuk mengganti ingatan — seperti alat serupa yang ada pada film Men In Black. Manusia yang terkena efek alat ini akan pingsan dan tersadar beberapa waktu kemudian dengan ingatan baru; walaupun begitu ingatan tersebut akan tercipta tergantung imajinasi masing-masing (misalnya Inoue Orihime yang menyangka rumahnya dibobol oleh yakuza ketika terjadi penyucian hollow).
  6. Telepon Roh
    Alat komunikasi bagi shinigami di dunia manusia dengan Soul Society. Alat ini menerima data waktu dan lokasi kemunculan hollow melalui GPS. Informasi mengenai besar imbalan hollow yang dicari dan jumlah penyucian yang telah dilakukan oleh si shinigami juga tercatat di alat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>