Bleach Dictionary

Pada anime dan manga Bleach seringkali ditemui berbagai macam istilah yang tidak umum didengar. Atas dasar itu, maka dibuatlah daftar terminologi (daftar istilah) ini. Daftar istilah ini akan terus diperbaharui seiring dengan berkembangnya Bleach.

Untuk mencari arti dari kosakata tertentu yang diinginkan, gunakan fitur Search pada browser dengan menekan Ctrl + F pada keyboard.


A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z

A


Arrancar
– Hollow yang telah melepas sebagian besar topengnya, dan memiliki kekuatan yang menyerupai Shinigami. Arrancar memiliki wujud yang menyerupai manusia dan intelegensi yang lebih tinggi daripada Hollow, juga membawa Zanpakutou yang bertindak sebagai alat yang menyegel kekuatan aslinya. Wujud Shikai dari Zanpakutou seorang Arrancar melepas wujud asli Arrancar tersebut.


Asauchi
– Senjata tanpa nama yang digunakan oleh para Shinigami yang belum bisa mencapai nama Zanpakutou-nya sendiri, umumnya digunakan oleh para murid akademi. Asauchi tidak memiliki nama, dan lebih lemah daripada Zanpakutou yang sudah mencapai tahap Shikai karena tidak memiliki roh.

B


Bakudou
– Bagian dari keluarga Kidou yang berguna untuk mengikat target, walaupun beberapa juga berguna untuk berkomunikasi dan mendeteksi keberadaan.


Bankai
– Merupakan bentuk kedua dan terakhir dari Zanpakutou yang melepaskan kekuatan terkuat dari sebuah Zanpakutou. Karena pelepasan kekuatan yang sangat besar, umumnya roh dari sebuah Zanpakutou akan keluar dari dimensinya sendiri dan termaterialisasi ke dunia nyata. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan berdekade-dekade, bagi seorang Shinigami untuk memperoleh Bankai dan menguasainya.


Bount
– Manusia yang mempunyai kekuatan tertentu. Mereka tercipta karena kesalahan eksperimen yang terjadi di Soul Society, menyebabkan roh mereka tercampur dengan roh shinigami dan menciptakan suatu ras baru. Seorang Bount menggunakan senjata yang disebut Doll, mirip dengan Zanpakutou shinigami. Tapi jika Doll seorang Bount terbunuh, maka Bount tersebut juga akan tewas. Bount hidup dengan mengonsumsi jiwa manusia, baik yang telah mati atau yang masih hidup.

C


Central 46
– Badan pemerintahan tertinggi Soul Society, terdiri atas 40 orang bijak dan 6 orang hakim. Central 46 bertugas memerintah Rukongai dan Seireitei. Namun mereka tidak memiliki hak untuk mengatur Shinou Reijutsuin atau pun Ouzoku Tokumu.

D


Dangai
– Dimensi yang terletak diantara dunia manusia dan Soul Society. Merupakan jalur yang harus dilewati untuk mengakses Soul Society tanpa Jigoku-chou. Jika gerbang menuju Soul Society tertutup ketika sedang melintasi Dangai, maka akan terjebak di Dangai selamanya.


Dai-rei Shokairou
– Secara bahasa berarti "Perkamen Gulungan Roh Agung". Berfungsi untuk mendata semua kegiatan yang terjadi di Soul Society, termasuk eksperimen-eksperimen yang dilakukan Departemen Penelitian.


Demi-Hollow
– Roh plus yang memiliki Inga no Kusari yang sudah dalam kondisi buruk. Demi-Hollow dapat berubah menjadi Hollow kapan saja, walaupun proses ini umumnya akan memakan waktu beberapa bulan. Tapi jika Inga no Kusari-nya dicabut dengan paksa, maka proses perubahannya menuju Hollow akan dipercepat dengan drastis. Ketika prosesnya selesai, si Demi-Hollow akan langsung berubah menjadi Hollow dan dapat muncul di mana saja, membuatnya sulit untuk dideteksi.


Denreishinki
– Alat yang digunakan oleh shinigami berupa semacam telepon genggam. Digunakan ketika berada di dunia manusia untuk menerima perintah dari Soul Society dan mendeteksi keberadaan Hollow.

E


Eishou Haki
– Istilah yang digunakan untuk menyebut teknik yang digunakan oleh Shinigami agar tidak perlu melafalkan mantra terlebih dahulu sebelum mengeluarkan Kidou. Secara literal memiliki arti "penghilang mantera".


Espada
– Arrancar-arrancar terkuat yang berjumlah 10 orang, masing-masing diurutkan berdasarkan tingkat kekuatannya; nomor 1 adalah yang terkuat dan nomor 10 adalah yang terlemah. Tubuh mereka ditandai dengan tato yang berupa nomor mereka. Seorang Espada dapat memilih Numeros untuk menjadi Fraccion mereka.

F


Fukutaichou
– Wakil Kapten yang biasanya dipilih oleh para Taichou-nya, walaupun terkadang melalui tes. Fukutaichou melakukan tugas keseharian divisi dan bekerja bersama Taichou-nya. Jika Taichou berhalangan untuk melaksanakan tugas tertentu, maka Fukutaichou yang bertugas menggantikannya.


Fraccion
– Sebutan bagi para Numeros yang dipilih oleh para Espada sebagai bawahannya. Setiap Espada dapat memilih berapa jumlah Fraccion-nya masing-masing; mereka bisa memilih hanya satu orang atau justru sepasukan Numeros.

G


Garganta
– Gerbang yang digunakan oleh para Arrancar untuk berpergian antara dunia manusia dan Hueco Mundo, bisa dikatakan Senkaimon-nya Arrancar. Hanya Arrancar yang bisa menggunakan Garganta, sementara Hollow menggunakan Kuumon. Seperti halnya Senkaimon yang tidak bisa digunakan untuk memasuki Hueco Mundo, Garganta juga tidak bisa digunakan oleh Arrancar untuk memasuki Soul Society.


Gigai
– Tubuh manusia buatan yang dibuat dengan pencampuran Kishi dan Reishi. Biasanya digunakan oleh shinigami yang perlu tinggal sementara di dunia manusia. Ketika menggunakan Gigai, kekuatan Shinigami akan turun drastis, serta mereka dapat dilihat dan berkomunikasi dengan manusia biasa. Setiap pergerakan Gigai, termasuk lokasinya, yang digunakan Shinigami di dunia manusia selalu dipantau dan dideteksi oleh Soul Society.


Gentei Kaijo
– Izin yang diberikan oleh Seireitei yang memperbolehkan para Shinigami di dunia manusia untuk melepas Gentei Reiin-nya.


Gentei Reiin
– Segel yang terpasang di Shinigami ketika memasuki dunia manusia, yang berfungsi untuk menyegel kekuatan mereka hingga 20%. Ini berguna untuk mencegah Reiatsu mereka mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Ketika Reiatsu seorang shinigami mempengaruhi lingkungan sekitarnya, maka akan ada kemungkinan akan timbul manusia dengan kekuatan spiritual yang berlebih; seperti halnya Ichigo yang mempengaruhi kekuatan spiritual teman-temannya.


Gokon Tekkou
– Sarung tangan merah yang digunakan untuk mengeluarkan roh seseorang dari tubuhnya. Memiliki lambang tengkorak yang dikeliling api berwarna biru di punggung tangannya. Seringkali digunakan oleh Rukia ketika berada di dunia manusia.


Gotei 13
– Badan militer utama Soul Society, yang terbagi menjadi 13 divisi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Taichou. Masing-masing divisi memiliki spesialisasi dan tugas tersendiri.

H


Hadou
– Bagian dari keluarga Kidou yang berguna untuk memberikan serangan langsung kepada target.


Hakuda
– Kemampuan seseorang untuk bertarung menggunakan tangan kosong.


Hakusui
– Merupakan sumber Reiryoku para roh. Terletak dibalik perlindungan Saketsu. Hakusui menyimpan segala Reiryoku yang dimiliki oleh seorang roh.


Hohou
– Hohou merupakan teknik bergerak seseorang. Shunpo merupakan salah satu contoh teknik yang melibatkan Hohou.


Hollow
– Hollow merupakan roh Plus yang telah kehilangan rantai roh-nya. Mereka ditandai dengan lubang di dada-nya, dan mereka memakan roh lain untuk mengisi kekosongan hati mereka. Walaupun begitu, sebanyak apa pun mereka memakan roh, mereka tetap tidak akan kehilangan rasa kekosongannya. Jika ada Hollow yang disucikan oleh Zanpakutou, maka ada 3 kemungkinan yang akan terjadi selanjutnya: dikirim ke Soul Society, dibersihkan dosanya dulu di Jigoku, atau langsung mengalami reinkarnasi. Hollow yang telah melepas sebagian besar topengnya maka akan dikenali sebagai Arrancar.


Hueco Mundo
– Dimensi yang terisolasi dari dunia luar dimana Hollow bertempat tinggal. Berbeda dengan Jigoku, Hueco Mundo bukanlah neraka, namun merupakan sarang dimana roh jahat tinggal. Hueco Mundo merupakan dataran padang pasir yang luas dimana tumbuh tanaman yang terbuat dari batuan kuarsa dan diselimuti oleh langit malam yang tanpa akhir. Hueco Mundo memiliki atmosfer Reiatsu yang berbeda dengan Soul Society maupun dunia manusia; Reiatsu pada Hueco Mundo bisa membuat para Hollow lebih kuat daripada di dimensi lainnya dan bisa membuat mereka lebih bisa menahan kelaparan untuk memakan roh. Manusia berkekuatan yang memiliki kekuatan mirip Hollow juga terpengaruh di sini.

I


Inga no Kusari
– Secara harafiah berarti rantai takdir. Merupakan rantai yang mengikat roh dengan tubuhnya.

J


Jigoku
– Neraka dimana para roh yang memiliki dosa sangat berat di dunia manusia terlebih dahulu dikirim kesini untuk disucikan dosanya sebelum bisa beristirahat dengan tenang di Soul Society. Jika ada Shinigami yang menyucikan Hollow yang berdosa sangat berat, Hollow tersebut tidak akan langsung terkirim ke Soul Society, tapi terlebih dulu masuk ke Neraka melalui gerbang neraka yang segera terbuka setelah si Hollow dikalahkan.


Jigoku-chou
– Kupu-kupu neraka berwarna hitam yang lahir ketika Konsou dilakukan. Jigoku-chou bisa digunakan sebagai alat komunikasi antar shinigami, dan sebagai pengantar Shinigami melewati Senkaimon.

K


Kaizou Konpaku
– Roh buatan yang sempat diproduksi oleh Seireitei. Kaizou Konpaku dimasukan ke dalam Gikongan untuk substitusi Gigai, meskipun beberapa Kaizou Konpaku dibuat untuk menyediakan petarung-siap-pakai yang bisa melawan Hollow untuk mengurangi jumlah korban Shinigami yang tewas karena serangan mendadak. Produksi Kaizou Konpaku dihentikan karena dianggap tidak sesuai dengan moral, dan sebagian besar Kaizou Konpaku dihancurkan — meskipun beberapa masih ada yang selamat (contoh: Kon).


Keigun
– Pasukan penghukum yang ada di Soul Society. Melakukan eksekusi dan pembunuhan para kriminal shinigami melalui perintah langsung dari Central 46.


Kidou
– Mantra atau sihir yang digunakan oleh para Shinigami dan roh yang ada di Soul Society (selain roh Plus). Kidou dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Hadou dan Bakudou.


Kikouou
– Zanpakutou yang berada di Soukyoku. Digunakan untuk membunuh kriminal kelas berat, Kikouou mengambil wujud phoenix raksasa dan kekuatannya setara dengan jutaan Zanpakutou.


Kiokuchikan
– Alat yang digunakan oleh para shinigami untuk memanipulasi ingatan manusia ketika mereka melihat Shinigami atau Hollow. Kiokuchikan yang digunakan oleh Rukia memiliki bentuk maskot kelinci (Chappy).


Kishi
– Materi yang membentuk segala hal di dunia manusia. Bisa dibilang sebagai wadah partikel.


Kizoku
– Merupakan keluarga bangsawan yang tinggal di sekitar Seireitei. Tidak ada Kizoku yang tinggal di sekitar Rukongai, kecuali mereka yang sudah dikeluarkan dari garis keluarga bangsawan seperti halnya keluarga Shiba.


Konpaku
– Istilah yang digunakan untuk menyebut roh Plus yang telah berhasil sampai di Soul Society setelah meninggal. Shinigami biasanya tidak disebut sebagai Konpaku, dan dengan menyebut mereka begitu biasanya akan dianggap sebagai penghinaan. Konpaku umumnya merujuk pada roh yang tinggal di Rukongai dan tidak/sedikit memiliki kekuatan spiritual.


Konsou
– Penyucian roh di dunia manusia yang merupakan tugas setiap Shinigami. Untuk melakukan proses ini, Shinigami mencap dahi seorang roh dengan bagian bawah gagang Zanpakutou-nya, kemudian roh tersebut akan terkirim ke Soul Society.


Kouryuu
– Materi hitam yang membentuk dimensi Dangai. Segala jenis materi yang berada di dalam Kouryuu untuk waktu yang terlalu lama dapat terjebak untuk selamanya di Dangai.


Koutotsu
– Makhluk tak bernyawa yang berada di dimensi Dangai yang berperan sebagai "pembersih". Memiliki bentuk seperti sebuah kereta api raksasa yang diselimuti oleh cairan hitam, segala roh yang terlindas olehnya akan terjebak didalam Kouryuu untuk selamanya.


Kuumon
– Ketika Menos Grande muncul di dunia manusia, maka Kuumon akan menimbulkan distorsi dan muncul di langit dunia manusia. Distorsi ini menandakan kemunculan Menos Grande, dan biasanya Hollow yang ada akan berkumpul ke arah Kuumon menjelang kemunculan Menos Grande.

L


Las Noches
– Istana besar yang terletak di atas tanah berpasir Hueco Mundo. Merupakan tempat dimana para Hollow tinggal, atapnya berbentuk kubah dan dindingnya terbuat dari batuan kuarsa.

N


Negacion
– Kemampuan yang hanya bisa digunakan oleh para Gillian untuk menolong sesama Hollow. Negacion mengelilingi target dengan sinar kuning berbentuk kotak yang mengisolasi target dari kontak fisik luar, kemudian tanah dibawah target akan bergerak ke atas, menuju lubang di langit yang telah dibuka oleh Gillian sebelumnya.


Numeros
– Adalah sebutan bagi para Arrancar selain Espada. Numeros diurutkan berdasarkan kapan mereka dilahirkan sebagai Arrancar, dimana nomor 11 adalah yang paling tua, dan nomor-nomor berikutnya yang lebih muda. Seorang Numeros dapat dipilih sebagai Fraccion oleh Espada.

O


Onmitsu Kidou
– Badan militer Soul Society yang beroperasi secara rahasia. Memiliki spesialisasi dalam mata-mata dan eksekusi.


Ouken
– Kunci kerajaan yang berguna untuk membuka jalan menuju Ouzoku berada.


Ouzoku
– Keluarga kerajaan yang terletak di pusat dimensi Soul Society. Mereka sama sekali terisolasi dari dunia luar, dan hanya peduli terhadap lingkungan mereka sendiri.


Ouzoku Tokumu
– Pasukan pelindung yang melindungi keluarga kerajaan.

P


Plus
– Roh yang telah meninggalkan tubuhnya, atau bisa juga disebut sebagai roh dari orang yang telah meninggal. Plus merupakan roh yang belum berubah menjadi Hollow atau belum dikirim ke Soul Society, dan bisa dikenali dari Inga no Kusari yang terletak di dadanya. Jika terlalu lama berada di dunia manusia atau dimakan oleh Hollow, roh Plus dapat berubah menjadi Hollow. Beberapa roh Plus bisa merasakan keberadaan Hollow, walaupun kemampuan untuk merasakan Hollow mereka tidak sekuat Shinigami. Plus yang telah dikirim ke Soul Society terkadang tetap disebut sebagai Plus — meskipun istilah ini sebenarnya tidak sepenuhnya tepat. Seorang Plus tidak bisa merasa lapar karena mereka tidak atau hanya mempunyai sedikit kekuatan spiritual. Roh yang bisa merasa lapar hanyalah roh yang mempunyai kekuatan spiritual berlebih seperti Shinigami dan Hollow.

Q


Quincy
– Merupakan ras manusia yang dibasmi oleh para shinigami ratusan tahun yang lalu. Mereka dapat melihat roh dan dapat membunuhnya, bukan mensucikannya seperti yang dilakukan shinigami. Sehingga setiap roh yang dibunuh Quincy akan hilang selamanya dari dunia. Senjata mereka berupa panah roh yang terbentuk dari Reishi, dan seperti Zanpakutou, tiap Quincy memiliki nama yang berbeda-beda untuk panah rohnya.


Quincy Cross
– Sebuah benda semacam rosario yang digunakan oleh para Quincy untuk membentuk panah rohnya. Tiap Quincy memiliki bentuk yang berbeda-beda, walaupun umumnya berbentuk tanda tambah atau salib.

R


Reiatsu
– Tekanan spiritual. Merupakan manifestasi kekuatan roh, yang biasanya berwujud sebuah tekanan yang mengelilingi sumber Reiatsu tersebut berasal. Semakin tinggi Reiatsu, semakin kuat tekanannya. Reiatsu mempengaruhi kemungkinan seorang shinigami untuk mendapatkan wujud Shikai atau Bankai dari Zanpakutou-nya. Reiatsu bersumber dari Reiryoku.


Reihou
– Hukum roh, peraturan yang harus dipatuhi para shinigami. Dibuat oleh Central 46 dan diterapkan di Soul Society.


Reiraku
– Visualisasi dari Reiatsu yang berupa pita. Disebut juga benang roh. Tidak seperti Reiatsu yang bisa dirasakan oleh semua roh, Reiraku hanya bisa dilihat oleh roh yang memiliki kekuatan tinggi. Reiraku roh biasa berwarna putih, sedangkan Reiraku Shinigami berwarna merah.


Reiryoku
– Secara harafiah berarti kekuatan spiritual. Reiryoku adalah kekuatan yang diperoleh ketika seseorang menjadi roh, dapat dikatakan berfungsi sebagai stamina roh. Beberapa orang tertentu memiliki Reiryoku sejak kelahirannya. Reiatsu merupakan tenaga yang dipancarkan oleh seseorang yang memiliki Reiryoku.


Reishi
– Partikel terkecil yang membentuk roh. Reishi tidak bisa dilihat oleh roh Plus biasa maupun makhluk hidup yang memiliki kekuatan roh rendah.


Reishihenkanki
– Bagian dari Senkaimon yang berfungsi untuk mengonversi Kishi menjadi Reishi. Bisa digunakan oleh manusia biasa untuk mengakses Soul Society dengan mengubah tubuhnya menjadi roh, tapi dengan resiko harus memasuki dimensi Dangai terlebih dahulu karena ketiadaan Jigoku-chou.


Reitai
– Tubuh spiritual, sebuah tubuh yang terbentuk ketika sebuah roh keluar dari tubuh fisiknya. Setiap roh memiliki Reitai yang terbentuk dari Reishi, termasuk Shinigami dan Hollow. Ketika sebuah roh di Soul Society meninggal, maka Reitai-nya akan terpecah dan mendiami Soul Society, sementara jiwanya akan melakukan reinkarnasi di dunia manusia dan ingatan lamanya akan terhapus. Jika ada roh yang Reitai-nya bercampur dengan roh lain, maka akan ada kemungkinan roh tersebut akan memiliki campuran 2 wujud roh tersebut, atau salah satu Reitai akan mendominasi Reitai baru tersebut.


Rukongai
– Area yang mengelilingi Seiretei, tempat dimana roh Plus tinggal. Rukongai sangatlah luas, dan secara umum terbagi menjadi 4 bagian: Utara, Selatan, Timur, dan Barat. Di tiap-tiap arah tersebut terbagi lagi menjadi 80 distrik, menjadikan total distrik di Rukongai sejumlah 320 distrik. Distrik yang semakin mendekati Seireitei umumnya lebih baik dan lebih aman, sementara yang semakin menjauh umumnya tidak terawat dan dipenuhi kriminalitas.


Ryoka
– Sebutan kepada orang atau roh yang melewati Soul Society atau Seireitei tanpa izin, dan dianggap menganggu kedamaian disana.

S


Saketsu
– Materi yang menghubungi Inga no Kusari. Arrancar, Shinigami, dan Hollow memiliki tempat Saketsu yang sama, yaitu di diantara dua tulang rusuk, atau ditengah dada. Saketsu melindungi dan meningkatkan kekuatan Hakusui para roh.


Seijou-tou Kyourin
– Ruangan khusus yang tersegel dimana Central 46 tinggal. Terletak diantara Senzaikyuu dan Soukyoku, tidak seorang pun diizinkan masuk atau keluar dari tempat ini terkecuali yang mendapatkan izin khusus.


Seireitei
– Area di Soul Society tempat Shinigami tinggal. Berbeda dengan Rukongai, area ini jauh lebih terawat dan tingkat kriminalitasnya lebih rendah. Seireitei dilindungi oleh dinding Sekkisekki dan terdapat 4 gerbang yang dijaga oleh shinigami, keempatnya berada sesuai dengan arah mata angin. Seireitei juga diselimuti oleh sebuah dinding tak terlihat yang tidak dapat ditembus oleh apa pun juga kecuali beberapa material yang mampu melawan Sekkisekki, seperti Negacion. Di pusat Seireitei terdapat sebuah bukit yang tinggi, dimana Soukyoku ditempatkan.


Seireimon
– Gerbang yang terdapat di Seireitei. 4 gerbang yang terdapat di empat arah, yaitu utara, barat, timur, dan selatan. Tiap gerbang dijaga oleh shinigami raksasa yang bisa membuka dan menutup gerbang-gerbang tersebut dengan mudah.


Sekkisekki
– Batuan yang sangat kuat yang bisa memblokir Reiatsu dan Reiryoku. Sekkisekki dapat memantulkan Reiatsu di satu sisi, namun di sisi satunya dia tampak seperti batuan biasa. Digunakan sebagai bahan dasar tembok yang mengelilingi Seireitei.


Senkaimon
– Gerbang yang digunakan oleh para Shinigami untuk berpergian antara dunia manusia dan dunia roh. Diperlukan Jigoku-chou untuk menemani para Shinigami melewati gerbang ini. Seperti Garganta, Senkaimon tidak bisa digunakan oleh Shinigami untuk memasuki Hueco Mundo.


Senzaikyuu Shishinrou
– Lebih dikenal sebagai Senzaikyuu. Merupakan menara hukuman bagi kriminal shinigami kelas berat. Seluruh kekuatan dan Reiatsu si kriminal akan dikompres, sehingga ketika keluar dari tempat ini, kriminal tersebut akan merasa tidak memiliki Reiatsu. Hanya shinigami yang akan dihukum mati dengan Soukyoku yang diletakkan disini. Senzaikyuu terletak di pusat Soul Society, dengan dinding yang berwarna putih dan menjulang tinggi.


Shihakushou
– Hakama dan gi hitam yang digunakan oleh para Shinigami. Secara bahasa berarti Dead Soul Garment, atau Pakaian Roh Orang Mati.


Shikai
– Pelepasan wujud zanpakutou ke wujud aslinya.


Shinigami
– Pasukan pertahanan Soul Society yang tinggal di Seireitei. Bertugas untuk menyucikan Hollow, membawa roh Plus ke Soul Society, dan menjaga keseimbangan roh.


Shunpo
– Teknik bergerak cepat yang digunakan oleh para Shinigami. Shunpo merupakan metode yang bisa digunakan oleh para Shinigami dengan kemampuan Hohou yang tinggi.


Shinou Reijutsuin
– Akademi bagi para calon shinigami, yang dalam manga Bleach didirikan oleh Yamamoto Genryuusai Shigekuni lebih dari 2000 tahun yang lalu. Disini para murid akademi belajar dan berlatih ilmu Kidou, Zanjutsu, Hohou, Hakuda, dan ilmu yang diperlukan lainnya. Berisi berbagai macam roh, dari warga Rukongai hingga keluarga Kizoku.


Soukyoku
– Tempat dimana shinigami dihukum mati, berupa dua pilar besar yang saling terhubung. Disini Kikouou akan diluncurkan untuk membunuh shinigami tersebut.


Soul Society
– Merupakan kehidupan setelah kematian dimana para roh tinggal. Soul Society terdiri dari 2 bagian: Rukongai yang dihuni oleh sebagian besar roh (roh biasa), dan Seireitei, tempat tinggal para Shinigami dan kaum bangsawan yang dilindungi oleh tembok Sekkisekki yang menjulang tinggi. Soul Society dapat diakses oleh para Shinigami melalui Senkaimon, dan roh Plus memasuki Soul Society melalui Konsou. Jika ada roh yang mencoba keluar-masuk Soul Society tanpa Jigoku-chou, maka dia harus melewati sebuah dimensi yang bernama Dangai. Soul Society diperintah oleh Ouzoku yang dilindungi oleh Ouzoku Tokumu; keduanya tidak pernah dilihat oleh roh mana pun. Di bawah Ouzoku, Central 46 bertindak sebagai badan judisial dan legislatif di Soul Society.

T


Taichou
– Kapten yang memimpin suatu divisi di Gotei 13. Diantara anggota divisinya, mereka lah yang seharusnya yang terkuat.

V


Vizard
– Shinigami yang memperoleh kekuatan Hollow dengan kekuatan Shinigami yang lebih dominan. Seorang Vizard memiliki penampilan tak ubahnya seperti seorang Shinigami biasa, bedanya mereka dapat mengeluarkan topeng Hollow yang dapat meningkatkan kekuatannya. Seorang Vizard tidak diterima di Soul Society karena dianggap telah memperoleh kekuatan Hollow yang tabu; tidak pula diterima di Hueco Mundo karena mereka mempunyai kekuatan Shinigami.

Z


Zanjutsu
– Kemampuan seseorang untuk bertarung menggunakan Zanpakutou dan menguasai Zanpakutou miliknya (semacam swordmanship). Salah satu hal yang mempengaruhi kemungkinan Shinigami memperoleh Bankai selain kuantitas Reiatsu yang besar.


Zanpakutou
– Senjata utama yang digunakan oleh Shinigami, umumnya bentuknya berupa katana, walaupun juga dapat berbentuk wakizashi, tanto, atau lainnya. Zanpakutou milik Shinigami memiliki roh yang mendiami Zanpakutou tersebut (tinggal di dimensinya sendiri) yang lahir dari diri Shinigami yang memilikinya. Roh tersebut umumnya memiliki sifat yang mirip dengan penggunanya. Dikarenakan hal tersebut, Zanpakutou tidaklah bisa digolongkan sebagai Asauchi yang tidak memiliki roh. Dengan mengenali roh Zanpakutou-nya, maka seorang Shinigami bisa mendapatkan wujud Shikai dan Bankai. Zanpakutou yang digunakan bukan oleh Shinigami — seperti yang digunakan Arrancar atau roh biasa — tidak memiliki roh dan hanya mempunyai nama. Dalam kasus Arrancar, wujud Shikai Zanpakutou digunakan untuk merubah Arrancar tersebut ke wujud aslinya (dikenal dengan nama Resurrección).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>