Pembeli Manga Asli Berkurang, MangaStream “Ditutup”

Tanggal 11 Februari kemarin, MangaStream.com resmi “menutup” penerbitan fasilitas baca online scanlation untuk tujuh judul manga paling populer di Shounen JUMP. Tiga di antaranya adalah BLEACH, Naruto, dan One Piece.

Empat manga populer lain adalah Hunter x Hunter, Katekyo Hitman Reborn, Claymore, dan D.Gray-man; masing-masing telah memiliki lebih dari 300 chapter. Agaknya keputusan untuk menutup penerbitan tujuh judul tersebut terkait dengan berkurangnya pembaca yang membeli terbitan resmi (terbitan asli) judul-judul tersebut. Liputan tentang festival komik dan manga di Amerika Serikat mengungkapkan beberapa fakta tentang penjualan manga di Amerika Serikat.

Seperti diliput Static Multimedia di Agustus 2011, penjualan manga di Amerika turun sebesar 43% dari tahun 2007 ke 2010. Pada tahun 2007, penjualan manga per tahun masih sebesar 210 juta dolar, sementara pada tahun 2010 angkanya turun hingga 104 juta dolar.

Atas hal ini, penerbit Jepang menyalahkan situs baca online terhadap menurunnya tingkat penjualan manga. Bekerja sama dengan penerbit di Amerika Serikat dan asosiasi manga digital, para penerbit menindak keras situs-situs yang menyediakan fasilitas baca online. Pada bulan Juli 2010, salah satu situs yang paling populer, OneManga, akhirnya ditutup.

Dan sekarang, satu setengah tahun setelahnya, MangaStream pun “menutup” tujuh judul manga yang populer.

Padahal, untuk menanggapi populernya situs baca online, pada pertengahan 2011 kemarin VIZMedia sendiri sudah menyediakan fasilitas baca online resmi. Belum diketahui bagaimana hasil dari upaya VIZ untuk menyaingi penerbitan situs-situs baca online, namun dengan adanya kasus ini, agaknya upaya VIZ tidak berlangsung begitu mulus.

***

Situs-situs baca online sudah sering mengingatkan pembacanya untuk selalu membeli manga asli, agar bisa terus mendukung para mangaka (pembuat/penulis manga). Seperti MangaFox atau BacaManga yang selalu mencantumkan di bagian bawah halamannya.

Sekarang kembali ke para pembaca, sejauh mana dedikasi kita terhadap manga kesayangan kita?

4 thoughts on “Pembeli Manga Asli Berkurang, MangaStream “Ditutup”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>