Gempa 6.8 Skala Richter Menimpa Jepang di Tahun Baru 2012

Foto Gempa 2011 dari Associated Press

Di hari pertama 2012 ini, Jepang kembali dilanda gempa bumi. Kawasan pesisir di barat daya Tokyo, wilayah Torishima di Kepulauan Izu, tertimpa gempa sebesar 6.8 skala Richter, menurut laporan Washington Post. Di kota Tokyo sendiri, gempa mengguncang bangunan-bangunan tinggi. Jadwal perjalanan kereta ekspres pun ditunda.

Namun sejauh ini  tidak ada laporan kerusakan parah maupun korban jiwa.

Gempa sebesar 6.8 skala Richter ini terjadi 230 mil di bawah laut kawasan Kepulauan Izu, yang terletak 307 mil dari kota Tokyo. Meski gempa ini tergolong cukup tinggi, menurut laporan resmi, tidak ada bahaya tsunami yang menyusul. Pembangkit listrik bertenaga nuklir di sekitar Jepang pun tidak mengalami gangguan.

Baru satu tahun lalu sejak Jepang terakhir dilanda gempa paling dahsyat; gempa sebesar 9.0 skala Richter di bulan Maret 2011. 20.000 orang dilaporkan menghilang pada gempa tahun lalu, termasuk sebagian mangaka dan seiyuu (pengisi suara) yang juga sempat dikabarkan menghilang.

Termasuk gempa hari ini, Jepang sudah 60 kali mengalami gempa dahsyat di atas 6.5 skala Richter sejak abad ke-6. Bersama dengan Indonesia, Jepang merupakan kawasan yang paling rawan terhadap gempa bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>