Manga Karya Orang Indonesia Diterbitkan di Jepang!

Gambar dari The Japan Times

Manga berjudul “Kokkyonaki Gakuen” (Campus Dwellers Without Borders/Siswa-siswi Bebas Perbatasan) diterbitkan oleh penerbit manga Shogakukan di Jepang, dalam situs Club Sunday, bulan lalu. Apa yang membuatnya begitu spesial? Manga ini dibuat oleh orang Indonesia!

Mangaka (pembuat manga) tersebut adalah Vivian Wijaya (33 tahun), orang Indonesia yang lahir di Tokyo, Jepang. Vivian sudah tertarik pada anime dan manga sejak berumur 6 tahun, ketika ia sekeluarga kembali ke Indonesia. Ia bercita-cita menjadi seorang mangaka sejak saat itu, namun keluarganya yang kebanyakan bekerja sebagai dokter tidak mendukung cita-citanya tersebut dan justru mendorongnya masuk sekolah kedokteran di Dublin, Irlandia.

Namun pekerjaannya sebagai dokter tidak membuatnya puas.

Pada tahun 2005, sekembalinya Vivian dari Irlandia, ia membuat lompatan besar. Vivian mendalami kemampuan menggambarnya di Machiko Manga School, Jakarta; sebuah sekolah komik yang didirikan oleh Machiko Maeyama, tokoh terkenal dalam ilustrasi manga. Setahun setelahnya, ia menerbitkan judul manga pertamanya, Prambanana. Sejak itu ia dikenal sebagai mangaka dengan nama pena “DrVee”. Pada tahun 2007, Vivian melanjutkan minat menggambarnya di Nippon Designers School di Tokyo, Jepang. Di Jepang, Vivian menjadi asisten dari Kenjirou Hata, mangaka “Hayate no Gotoku” (Hayate the Combat Butler).

Dari pengalamannya menjadi asisten Vivian belajar memasuki industri manga di Jepang. Hingga akhirnya ia bisa menerbitkan sendiri “Kokkyonaki Gakuen”. Menurut The Japan Times, ini adalah judul manga pertama yang dibuat oleh orang Indonesia di Jepang.

“Kokkyonaki Gakuen” sendiri menceritakan tentang kehidupan Hajime Tomono, seorang anak laki-laki berumur 15 tahun yang menghadapi perbedaan budaya ketika ia bersekolah di asrama internasional yang berisi berbagai pelajar lain dari 50 negara yang berbeda. Kisah Hajime diceritakan dalam 16 halaman di Club Sunday. Menurut Vivian, kisah Hajime ini terinspirasi dari pengalaman hidupnya sendiri selama bersekolah di Irlandia.

Manga ini tersedia secara online dalam bahasa Jepang, Inggris, dan Indonesia. Bisa dibaca langsung di situs Club Sunday secara gratis hingga tanggal 5 Januari 2012.

Selamat untuk Vivian Wijaya! Semoga terus berkarya. :)

.

Disadur dari Anime News Network dan The Japan Times

4 thoughts on “Manga Karya Orang Indonesia Diterbitkan di Jepang!

  1. benar2 sugoi dehh.. moga2 mbak vivi bs terus eksis dngan manganya.. dan berhasil diterima oleh masyarakat. jepang , indo, dn negara linnya.. ^^hehe

  2. semoga smkin bnyak mangaka Indo yg bisa tembus sampai ke pasar Internasional, dan manganya dibuat anime ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>