Gempa Tidak Menunda Penerbitan Manga di Jepang

Walau dilanda gempa sedahsyat 8,9 SR dan dibanjiri tsunami, industri komik (manga), tidak berhenti berjalan. Minggu ini Weekly Shounen Jump, salah satu majalah-komik terpopuler (yang memuat serial terbaru Bleach, Naruto, dan One Piece tiap minggunya), tetap terbit seperti biasa. Halangan satu-satunya adalah akses yang terbatas ke daerah yang terkena dampak paling besar dari gempa.

Dilansir dari situsnya, tertulis:

“本日(3/14)以降に刊行予定でした週刊少年ジャンプおよび集英社の全雑誌は、全国的に発売が不確定の地区が多くご ざいます。大変ご迷惑をおかけしますが、ご了承下さい。”

Majalah Shueisha akan kesulitan mendistribusikan ke semua wilayah di Jepang. Wilayah dengan kerusakan besar, seperti Sendai dan Miyagi, akan tertunda untuk sementara.

Tapi tidak tertulis mengenai masalah distribusi Weekly Shounen Jump ke wilayah lainnya; menyiratkan bahwa salah satu industri hiburan terbesar di Jepang ini tidak berhenti bergerak meski diterjang gempa besar. Chapter terbaru BLEACH (Chapter 441) juga dikonfirmasi tetap terbit minggu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>