Pasca-Gempa, Kubo Tite Baik-baik Saja

Gempa sebesar 8,9 skala Richter (SR) kemarin menimpa kawasan Jepang, menghancurkan sebagian kota Tokyo, ibukota Jepang. Kubo Tite, mangaka BLEACH, dilaporkan dalam keadaan baik-baik saja. Di akun Twitter-nya, Kubo menulis,

無事です。電車が止まりタクシーも拾えなかったので、出先から2時間歩いて帰ってきました。東北の皆さんお気をつけて

Aku baik-baik saja. Kereta berhenti beroperasi dan tidak ada taksi. Aku harus pulang berjalan kaki selama 2 jam. Semua yang tinggal di wilayah Timur Laut (Honshu), berhati-hatilah.

Setelah dihantam gempa dahsyat, kemarin wilayah Jepang juga diterjang tsunami setinggi 10 meter, akibat berbagai gempa susulan yang timbul setelah gempa pertama. Gempa tersebut menghancurkan berbagai bangunan di perkotaan, yang puing-puingnya terbawa air bah akibat tsunami. Beberapa saksi melaporkan terjadi goyangan besar selama 10 menit tanpa henti.

Tiga jam setelah gempa, Kubo Tite kembali menulis di akun Twitter-nya, mengabarkan bahwa orang-orang di sekitarnya masih terkejut dan dalam keadaan pemulihan. Dari enam prefektur yang dilanda gempa, 400 orang dilaporkan tewas dan 700 lainnya menghilang.

Ini bukan pertama kali Jepang dilanda gempa besar. Dalam 10 tahun terakir, Jepang sudah dilanda gempa besar berkekuatan setidaknya 6 SR sebanyak 19 kali. 7 di antaranya terjadi pada tanggal 11 Maret kemarin.

One thought on “Pasca-Gempa, Kubo Tite Baik-baik Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>