BLEACH Diplagiat, Lagi?

pockie-ninja

Karakter dengan desain yang sama persis dengan serial BLEACH dan Naruto tampil dalam game Pockie Ninja, sebuah game web-based (dimainkan lewat web browser seperti game Facebook), yang membolehkan pemain untuk bertualang sebagai salah satu dari “ratusan karakter animasi”.

Proyek game ini sebelumnya dikenal dengan nama “Project Ninja”, menampilkan berbagai karakter-karakter BLEACH dan Naruto dalam mode chibi. NGames, operator game online, adalah perusahaan yang bertanggung jawab di balik pembuatan game ini.

Walau “meminjam” desain karakter BLEACH dan Naruto tanpa izin, proyek game ini sama sekali tidak mencantumkan nama Kubo Tite (BLEACH) maupun Masashi Kishimoto (Naruto) sebagai mangaka/komikus aslinya. Begitu pula, penerbit serial kedua manga tersebut (Shueisha) tidak dicantumkan. Hal ini yang membuat game ini bisa dituntut melanggar hak cipta.

Bicara soal plagiat, bukan cuma sekali ini BLEACH dijiplak. Awal 2010 lalu, perkomikan Amerika Serikat heboh dengan terbitnya Incarnate, komik karya Nick Simmons, anak dari Gene Simmons, rocker band KISS. Serial Incarnate ini sempat terbit sebanyak 3 volume, sebelum akhirnya dihentikan karena reaksi penggemar BLEACH di Amerika Serikat yang protes kepada penerbitnya.

Lebih lanjut, cek situs Pockie Ninja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>