Incarnate: Komik USA Plagiat Bleach?

incarnate


KIRI: Bleach | KANAN: Incarnate

Sebuah komik bikinan komikus Amerika Serikat, Incarnate, diduga melakukan plagiarisme pada Bleach–manga buatan Tite Kubo yang sudah kita kenal ini.

Sang komikus, Nick Simmons, anak dari rocker band KISS Gene Simmons, dituduh melakukan tracing gambar karya Tite Kubo pada komik yang dirilisnya pertama kali pada Oktober 2009 kemarin. Tracing yang dimaksud salah satunya dapat dilihat sendiri pada gambar di atas, yang menunjukkan kemiripan antara Zaraki Kenpachi dengan seorang jendral yang sama-sama gila bertarung di komik tersebut, Vincent.

Plagiarisme ini pertama kali disadari oleh seorang anggota pada situs GameFAQS.com, kemudian dipopulerkan oleh komunitas Bleach di LiveJournal. Selain tracing pada Bleach, Nick Simmons juga dituduh telah melakukan tracing pada manga lain yang tak kalah terkenal, seperti Hellsing, Naruto, dan bahkan NANA. Ia juga dituduh telah melakukan tracing pada fanart-fanart Bleach yang bernaung di bawah komunitas deviantART.com–bahkan pihak deviantART sendiri telah mengumumkan masalah ini di situsnya, dan akun deviantART yang dimiliki oleh Nick Simmons hingga berita ini ditulis masih diserang oleh para pemilik akun lain di deviantART.

Sejak 23 Februari 2010, dua hari sebelum berita ini merebak, akun Twitter Nick Simmons juga belum diupdate. Seorang perusuh (troll) yang mengaku sebagai Nick Simmons juga muncul pada fanpage di Facebook yang menuntut tindakan hukum atas perbuatan Nick Simmons, barangkali karena tidak terlihat sikap dari Nick sendiri. Troll tersebut mengklaim bahwa ia (sebagai Nick Simmons) belum pernah membaca Bleach, jadi kesamaan tersebut tidaklah disengaja.

Walaupun begitu, saat ini VIZMedia, pemilik lisensi Bleach di Amerika Serikat, telah menanggapi masalah ini dengan menghubungi Radical Comics, pihak penerbit Incarnate. Saat ini, distribusi Incarnate di toko buku telah dihentikan dan akan ditanggapi dengan serius.

.

UPDATE (02/03/09): Nick Simmons akhirnya telah mengeluarkan pernyataan mengenai permasalahan ini. Pernyataan ini sudah dikonfirmasi oleh Radical Comics sebagai Nick Simmons asli, bukan troll atau perusuh lainnya.

Like most artists I am inspired by work I admire. There are certain similarities between some of my work and the work of others. This was simply meant as an homage to artists I respect, and I definitely want to apologize to any Manga fans or fellow Manga artists who feel I went too far. My inspirations reflect the fact that certain fundamental imagery is common to all Manga. This is the nature of the medium.

I am a big fan of Bleach, as well as other Manga titles. And I am certainly sorry if anyone was offended or upset by what they perceive to be the similarity between my work and the work of artists that I admire and who inspire me.

Ikuti perbincangan menarik seputar ini di forum Gotei13, pada topik: [Plagiat Bleach?].

Untuk yang tertarik mengunduh atau melihat-lihat gambar lainnya, bisa disimak pula di topik tersebut. :)

7 thoughts on “Incarnate: Komik USA Plagiat Bleach?

  1. pertamax gan…… parah juga ye ada naburo di usa… wkwkwk

  2. Telah diperbaharui:
    Pernyataan Nick Simmons mengenai perkara ini. Silakan lihat kembali entri ini. :)

  3. parah abis…. plagiat ama inspirasi beda kalee!!!

  4. Walaupun gambarnya mirip, Ceritanya beda banget kok. Habisnya saya sudah baca…

  5. kuchiki-chan

    Waah… gag nyangka ada juga ya yang namanya plagiator di negara maju macam USA.. *sambil geleng2 kepala*
    Tapi koq si Simmon itu gak dikenain denda atau hukuman apalah , gitu ya??
    Padahal jelas2 dia udah ngelanggar hak cipta khan?? *diplomasi mode:on* ;D
    Udah gitu masa’ inspirasi disamakan sama plagiat..,
    Yaa JELAS BEDA dunk!!!

  6. senengnya trnyata gag cuman indonesia aja yang bnyk plagiatnya. USA yg katanya negara adidaya juga msh ada plagiatnya.
    malu-maluin deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>